Siti Mawar Nababan

Minggu, 24 Februari 2013

Cara Meakit PC


 Cara Merakit Komputer

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengetahuan tentang bagaimana cara merakit sebuah komputer, Sebelum memulai merakit komputer, ada beberapa hal yang perlu disiapakan, yaitu:

1) Persiapan alat & bahan

* Obeng plus & min (+ & -)


* Baut





 * Komponen PC
kabel data
kabel data






2) Langkah kerja

* Langkah pertama adalah memasang Prosesor pada slotnya, Kemudian pasang haetsing (pendingin prosesor). dalam pemasangan prosesor anda harus berhati-hati karena jika salah satu pin bengkok maka prosesor akan rusak. .












*Langkah kedua pasang RAM pada slot nya. Pada ram terdapat patahan -patahan begitu juga pada slot nya, jadi pastikan bahwa ram di pasang dengan benar mengikuti pahatan tadi.














 *Langkah ketiga, pasang Power Supply di casing, usahakan casing di tidurkan / di miringkan supaya mudah dalam melakukan pemasangan, kemudian baud power supply tersebut.
 *Langkah keempat, pasang Motherboard di casing, usahakan dibawah motherboard di pasang alas seperti kertas tebal / busa supaya tidak terjadi konslet, kemudian baud motherboard tersebut.





















*Langkah kelima, pasang Harddisk & DVD/CD rom di casing, jangan lupa pasang kabel data & kabel power yang ada di belakang power supply,  kemudian baud.





















*Langkah keenam, pasang Power Led/swicth, reset, speaker, hdd led di motherboard, & untuk lebih jelas susunannya  lihat gambar di bawah ini.



*Langkah ketujuh, tutup casing kemudian baud.


















*langkah kedelapan, pasang konektor keyboard, mouse, & VGA (monitor), ke port PS/2 & portVGA yang ada di luar belakang casing. Awas jangan terbalik antara mouse & keyboard, kalau mouse portnya berwarnaa hijau sedangkan keyboard ungu.




*Langkah kesembilan hubungkan kabel power ke power supply dan ke stop contact/sumberdaya, usahakan menggunakan ups / sejenisnya supaya lebih aman dalam pengoperasian komputer.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar